Jumaat, 13 Januari 2012

Beberapa Tips Berobat di Lam Wah Ee Hospital Penang

Hi, teman-teman. Setelah sekian lama mencari informasi dan mengalami semuanya secara langsung, ingin rasanya berbagi informasi kepada teman-teman. Disini saya mau berbagi trik-trik simple yang bisa membuat perjalanan berobat kita lebih nyaman. Kebetulan informasi ini hanya untuk berobat di Lam Wah Ee Hospital Pulau Penang. Tapi mungkin kiatnya bisa disesuaikan dengan kota tempat berobat lainnya.
1. Uang
Untuk informasi, Penang sama saja dengan Jakarta atau Medan atau kota lainnya. Meski kriminal disini tidak terlalu tinggi, tapi ada saja terjadi. Syukurnya, saya tidak pernah mengalami kejadian buruk disini. Tetapi dari pemilik rumah saya dianjurkan untuk tetap berhati-hati dengan uang.
Untuk teman-teman yang membayar biaya perobatan dengan uang tunai, ada baiknya melakukan deposit di rumah sakit. Kalau pada hitungan akhir uang kita berlebih, nantinya akan dikembalikan pada hari terakhir perobatan. Sedang bila uang kita kurang pasti akan mereka katakana dengan laporan lengkap pengeluarannya.
Untuk teman-teman yang membayar biaya pengobatan dengan kartu kredit, ada baiknya kartu kredit dan kartu berobat di pisahkan dompetnya supaya hanya dibawa saat berobat. Untuk perjalanan lainnya cukup membawa dompet lain yang hanya berisi uang sekedarnya.
2. Passport
Disini kita juga tidak dianjurkan untuk membawa passport kemana pun kita pergi. Mungkin bisa bawa kartu identitas Indonesia saja mana tahu diperlukan. Karena kalau sampai kehilangan passport, urusannya bisa panjang.
3. Booking Tiket pesawat
Berdasarkan pengalaman, sulit sekali untuk kita memastikan tiket pulang yang pasti. Tidak jarang dokter meminta kita kembali keesokan harinya atau dua hari kemudian. Bila tiket kita Airasia, biasanya akan hangus dan harus membeli tiket baru. Yang kadang harganya bisa dua atau tiga kali lipat dari harga tiket sebelumnya.
Untuk teman-teman yang berangkat dari Jakarta tidak akan kesulitan bila hanya berangkat dengan tiket berangkat saja (one way ticket). Dan bisa membeli tiket pulang di penang saat sudah pasti tanggal pulangnya.
Sedang teman-teman yang berangkat dari Medan biasanya akan dipersulit karena “dipaksa” punya tiket pulang. Saya pernah berkeras di Polonia Medan karena memang tidak pasti tanggal pulangnya dan akhirnya diijinkan terbang dengan menunjukkan bukti-bukti yang ada.
Tapi bila ingin lebih mudah, Wings Air dan Sriwijaya Airline bisa jadi pilihan lainnya. Untuk Sriwijaya, kita bisa open tanggal pulang. Sedang untuk Wings dari Lion Air, kita akan dikenakan denda yang besarnya berbeda-beda. Semakin cepat kita melapor untuk mengundur atau mempercepat tanggal keberangkatan kita, dendanya akan semakin kecil pula.
Untuk penggantian tanggal tiket, teman-teman bisa meminta bantuan customer service rumah sakit. Akan dibantu dengan senang hati dan tidak dikenakan biaya apa pun. Denda perubahan tiket kita bayar di airport sebelum check in. Bila memina bantuan jasa orang di penginapan atau lainnya, biasanya kita dikenakan biaya sampai RM50 hanya untuk mengganti tiket. Tidak termsuk denda dari perusahaan penerbangan.
4. Register Patient
Register sangat menentukan urutan pasien bertemu dengan dokter. Register pasien dimulai sekitar jam 6:30 pagi setiap hari. Tapi jangan kaget bila beberapa orang biasanya sudah antri sejak pukul 6 pagi. Meski nomor sudah keluar mulai 6:30, counter baru buka sekitar jam 7 pagi. Disana anda diminta member nomor register yang anda dapat tadi dan kartu berobat. Kemudian anda bisa kembali jam 9:30 untuk bersiap bertemu dokter. Biasanya nurse akan memanggil nama kita untuk member nomor giliran bertemu dr. Ng.
Ada baiknya untuk register pagi karena semakin pagi kita mendaftar, semakin cepat kita selesai. Dan biasanya mood dokter juga masih sangat baik. Saya pernah register nomor 4 di pagi hari dan dapat giliran no 4 di dr Ng. artinya tiga orang di depan saya tadi pagi semua pasien dr Ng!! ada juga pasien yang daftar jam 8 pagi, dapat nomor 18.
Meski menurut jadwal dr Ng mulai buka praktek jam 10 pagi,itu jarang sekali terjadi. Karena banyak prosedur lain yang juga harus dilakukannya pagi hari. Seperti ada yang mau opu atau et. Informasi, dr Ng hanya menerima pasien baru hari Senin, Rabu dan Kamis. Sedang hari lainnya hanya untu operasi atau pasien yang khusus diminta datang hari itu.
Jadi ada baiknya datang sehari sebelum jadwal atau rencana berobat. Pilihan lain, anda juga bisa bertanya dengan pemilik tempat anda menginap untuk membantu register pagi hari. Ada beberapa orang yang bisa melakukannya. Ada yang meminta imbalan, ada yang menganggap itu sebagai service. Sebaiknya dibicarakan untuk menghindari salah paham.
Atau, anggap saja sebagai olah raga pagi sambil “mampir”register di rumah sakit.
5. Penginapan
Masalah penginapan merupakan masalah yang sangat penting dalam proses bayi tabung. Kenyamanan dan kebersihan tempat tinggal sangat penting.
Harga kamar bervariasi, mulai RM40-50. Tergantung fasilitas dan lokasi. Biasanya mereka memberi discount untuk pasient bayi tabung karena umumnya akan tinggal lebih lama dari pasien lainnya. Sebaiknya dibicarakan dan ada deal lebih dahulu sebelum tinggal.
Saran saya, jangan sungkan bertanya dengan teman-teman sesama pasien bagaimana tempat tinggalnya dan apa saja fasilitasnya. Bagaimana karakter pemilik rumahnya juga penting karena biasanya kita butuh banyak bantuan dikemudian hari. Tidak ada salahnya mengunjungi dan melihat apartment yang ditawarkan sebelum deal dengan harga yang menggiurkan. Karena biasanya penyesalan yang ada. Selain nama-nama diatas, teman-teman juga bisa bertanya dengan sesame pasien lainnya di ruang tunggu. Selain mencari teman senasib, bisa tukar informasi penginapan.
Selain itu teman-teman juga akan bertemu dengan beberapa orang di ruang tunggu rumah sakit yang biasanya memberi kartu nama dan menawarkan penginapannya. Tidak ada salahnya untuk sekedar mengecek dan membuat perbandingan. Disini, kita tidak pernah terikat. Dan pembayaran dilakukan saat kita akan keluar jadi kalau ternyata keadaan tidak sesuai janji, teman-teman bisa saja mencari penginapan lain keesokan harinya!
6. Manfaatkan Fasilitas
Biasanya setiap pemilik apartment memiliki banyak relasi dengan fasilitas lainnya seperti membeli kartu telepon, isi pulsa, pesan taxi, tukar uang dan lainnya. Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan fasilitas yang ada tetapi sebaiknya jangan langsung tergiur dengan semua angka yang mereka berikan. Untuk kartu telepon, kelebihan kartu mereka biasanya sudah teregister jadi bisa langsung dipakai, mungkin satu dua ringgit lebih mahal dari bandrol.
Untuk teman-teman yang mau nomor benar-benar baru, bisa langsung ke toko DIGi atau Maxis di toko eaton diseberang rumah sakit. Untuk DIGI ada kode untuk best Indonesia supaya biaya bicara kita jadi jauh lebih murah ke Indonesia dan untuk local sedikit lebih mahal. Ada baiknya manfaatkan sms untuk local.
Untuk penukaran uang, money changer di rumah sakit Lam Wah Ee terbilang tinggi nilainya. Bahkan kadang lebih tinggi dari tukaran uang di Medan atau airport. Sambil berobat tidak ada salahnya untuk sekedar cek pasaran tukar uang kalau mau tukar di tempat lain.
Meski umumnya masyarakat disini menggunakan taxi, tidak rugi mencoba menggunakan bus umum di Penang. Selain lebih murah, bus di Penang terbilang sangat nyaman. Dari Lam Wah Ee Hospital ke pusat kota (KOMTAR) hanya dikenai biaya RM1.40. dari Lam Wah Ee Hospital ke Gurney hanya RM 2 per orang.
Selain Jetty, KOMTAR merupakan terminal bus di Penang. Teman-teman bisa menemukan bus tujuan kemana saja dari KOMTAR.
Fasilitas lainnya yang bisa teman-teman manfaatkan adalah antar jemput rumah sakit- airport. Caranya simple sekali dan bisa menghemat lumayan. Kalau dihitung-hitung saya sudah menghemat beberapa ratus ringgit dengan fasilitas ini.
Untuk teman-teman yang mau datang ke Penang dan butuh jemputan di Bayan Lepas Penang ke LWEH, bisa menghubungi bapak Gunawan Gannies di 081 361 684 903. Biasanya teman-teman diminta sms nama, jadwal penerbangan, berapa orang, bertemu dr siapa.
Customer Service rumah sakit biasanya bisa membantu bila kita punya masalah. Jangan segan bertanya. Mulai dari peta, alamat, nomor bus atau apa pun. Kalau mereka tidak bisa membantu paling tidak mereka bisa member informasi kemana kita harus pergi untuk mendapat bantuan.
7. Nikmati Suasana
Sebelum tekapar di tempat tidur, tidak ada salahnya untuk menikmati suasana dan keindahan alam Penang. Supaya tidak strees! Buat teman-teman yang senang berbelanja, ada tiga pilihan yang bisa dikunjungi, Gurney Mall , KOMTAR, dan Queensbay Mall.
Gurney Mall merupakan tempat belanja yang paling terkenal di Penang. Selain lokasinya yang stategis, dikelilingi dengan banyak penginapan. Hamper semua brand terkenal ada di mall ini. Tapi, jika teman-teman mau mencoba mengunjungi Queensbay Mall, temapat ini jauh lebih besar dan lebih lengkap dari Gurney Mall. Bila teman-teman tinggal di daerah LWEH, Queensbay dan Gurney tidak jauh beda jarak tempuhnya, hanya saja berlainan arah (bahkan cukup menggunakan bus yang sama!).
Di KOMTAR, teman-teman bisa memilh belanja di beberapa mall yang ada disana. Di Peringin Mall (seperti Mangga Dua Jakarta), teman-teman bisa menemukan outlet store yang harganya jauh disbanding harga toko. Jadi pandai kita melihat-lihat sign yang dipajang. Sedang di 1 Avanue mall, tokonya lebih “elite” dan disana juga ada Carrefour. Selain Carrefour, teman-teman juga bisa mengunjungi GAMA di kawasan KOMTAR yang dikenal dengan harga sedikit lebih murah.
Kalau ternyata teman-teman bukan pencinta dunia mall, ada banyak pilihan kunjungan wisata di Pulau Penang yang bisa teman-teman kunjungi. Dapatkan brosur peta penang di bagian informasi rumah sakit. Mulai dari puluhan pilihan museum sampai dengan wisata alam.
Saya dan suami sempat pergi ke Teluk Bahang, pintu masuk Penang National Park. Malah sempat menyewa boat ke Pantai kerachut (menghindari jalalan kaki dan lelah). Disana kami mengunjungi tempat membiakan penyu hijau dan berbasah-basah di Tasik Meromiktik (Meromiktik lake) yang konon hanya ada dua di dunia. Di Australia dan penang. Di danau ini air laut dan air tawar bertemu dan tak pernah berbaur. Jadi di atas airnya selalu sejuk (tawar) dan di bawah hangat (laut). Danau hanya muncur dari bulan Mei sampai Oktober dan akan kering selama enam bulan. Hebat kan?! Perahu yang kami sewa juga sempat berhenti di peternakan ikan di tengah laut untuk melihat beberapa jenis ikan. Dan ikan buntal merupakan favorit suami saya!
Tidak perlu menghabiskan uang terlalu banyak, cari informasi bus ke tempat tujuan. Hamper semua tempat dapat kita raih dengan kendaraan umum disini. Bila ingin janjian dengan beberapa teman juga lebih baik, karena harga sewa boat sama dan bisa menampung sampai delapan orang. Kemarin saya bayar RM 2 ke dari Gurney ke teluk bahang dan pulangnya diminta RM 3.40 dari Teluk Bahang ke KOMTAR. Untuk sewa boat pulang pergi dan pemandu wisata, kami dikenai RM200. Bila hanya ingin ke Monkey Beach biayanya akan jauh lebih murah karena perjalanannya juga tidak sejauh Pantai karuchut.
Tidak tertarik ke Teluk Bahang? Cukup hentikan bus di Batu Feringgi yang terkenal dengan pantainya yang indah. Jangan bandungkan dengan pantai di depan Gurney Mall! Di Batu Feringgi pulaterletak semua penginapan terkenal seperti Hard Rock Café dan Hotel. Atau hamua sekedar bersantai di pantai yang bersih nan indah.
Bagaimana? Ternyata berobat tidak selalu harus menegangkan. Nikmati suasana hanya saja jangan sampai terlalu lelah. Tidak perlu mengunjungi semua tempat, cukup hanya merasa sedikit relax dan nyenyak tidur di malam hari. Jangan sampai merasa terperangkap di kamar kontrakan.
Selamat berjuang untuk memiliki keturunan sambil terus menikmati hidup. Calon anak kita di dalam kandungan pun pasti senang kalau ibunya senang. Fighting!(lia)

8 ulasan:

1. Anda mahu berobat dari Indonesia ke Penang? Bisa layari http://www.kpjpenang.com
    Ini adalah Rumah Sakit yang diakreditas oleh JCI dari Amerika.
    Rumah sakit ini menawarkan perkhidmatan jemput dan ngantar dari Bandara ke Rumah Sakit dan jalan-jalan di sekitar Penang secara cuma-cuma aja.
    Bisa juga BBM sama Pak Amar 532417A8 atau WhatsApp +6018-4719690.

Penginapan termurah bermula dari MYR 30.00 http://kimsarguesthouse.blogspot.sg/

2. Salam Kenal Admin.

Kami ingin menambahkan informasi seputar penginapan di dekat RS Lam wah ee Penang.
    Jika Anda membutuhkan penginapan selama menjalani proses pengobatan di RS Lam wah ee, Kami menyediakan kamar di apartemen MEWAH COURT PENANG. Lokasi nya sangat dekat dengan RS Lam wah ee.

Kami memiliki dua jenis unit apartemen yaitu jenis unit yang sudah full renovasi dan unit yang masih standar ( belum di renovasi). Perlu di ketahui bahwa penginapan di apartemen MEWAH COURT PENANG itu rata-rata belum di renovasi, jadi kami sarankan Anda harus survey dulu tempatnya jika ingin sewa kamar. Pemilik penginapan di apartemen ini bukan seorang saja melainkan berpuluh-puluh orang. Tentu saja kondisi penginapan akan berbeda satu sama lain disebabkan oleh sistem pengelolaan nya. Jadi harus lebih jeli dalam memilih penginapan.

Nah, untuk Anda yang berminat sewa kamar di tempat kami silahkan hubungi kami melalui No HP +60165632642 ( Ad i ) atau bisa melalui Whastapp +60143498217 dan pin BBM 5151E859 Email mewahcourtpenang@yahoo.com

Kenyamanan dan kepuasan Anda itu merupakan kebanggaan untuk Kami.

Terima kasih Admin

BalasPadam
  3. Selamat Pagi, perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
    3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line : +6281 4026 2166
    Phone : +6283 8300 28050
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya

BalasPadam
  4. Hello para Bunda cantik. Kenalin nih aku Yuni dari Jakarta. bulan kemaren Aku habis ikut program ama Dr. Ng Peng Wah, dan perjuangan ku untuk mendapat momongan itu sangat Panjang cerita nya. Sebelum ke Penang, aku udah sering mondar-mandir di RS Indonesia. Akhir nya Suami dan Aku memutuskan pergi ke Penang.

Memang untuk anda yg mau ikutan BT di penang aku recommend Dr. Ng peng Wah aja heee..heee soalnya hasil pengalaman sendiri dan cerita temen2 yang udah pernah kesana memang Dr. Ng Peng Wah sangat Best ( Bukan promosi loh ). Ha...ha....

Oh iya Untuk masalah penginapan aku sewa di apartemen Mewah Court, jarak nya deket banget ama RS Lam wah ee. Aku nginep di tempat Mr. Adi. Orang nya sangat membantu sekali selama di Penginapan. Bahkan ketika di suruh beliin sesuatu ke Mini market beliau juga mau loh. Tempatnya bagus dan bersih, pokoknya nyaman banget deh. Kontak aja beliau +60143498217 (Whatsapp) dan pin BBM 5151E859 email nya penang.city@yahoo.com

BalasPadam
  5. Susah cari penginapan yang cocok di Gurney atau Pulau Tikus....yang lebih dekat ke tempat praktek baru Dr Ng. Lebih jauh dari pasar, lebih mahal atau lebih susah dapat cari banyak pilihan tempat jual makanan ....... banding Mewah Court.

Saya sangat merekomendasikan penginapan ko Adrian & isterinya Meliana Panjaitan. Mewah Court yang di depan Lam Wah Ee. Saya pernah coba beberapa penginapan lain di Mewah Court dan sudah sharing pengalaman dengan teman2 lain.

Tempat ko Adrian lebih bersih dan nyaman dibanding banyak penginapan2 lain di Mewah Court. Facilitasnya lengkap. Dan suami isteri ramah.

Kayaknya mereka juga ada penginapan dekat Gurney. Tapi saya rekomendasikan Mewah Court.

Ko Adrian +6012-903 6135 (pin BBM 7B4A5B83)
    Meliana Panjaitan +6016-459 0494 (pin BBM 58AB3D42)

BalasPadam

6. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B}

7. Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pengarang.

8. Aku usulin cari ko Adrian dan ibu Meliana untuk penginapan kalau program bayi tabung di Genesis IVF. Sekarang mereka tawarin penginapan jarak jalan kaki ke Genesis yang dekat ke pasar, tempat makan, minimarket dan sebagainya selain daripada Mewah Court. Jadi pasien program bisa pilih yang mana cocok ikut permintaan pasien pada tahap yang beda-beda.

Kedua2 tempat pun bersih, lengkap, wifi kencang, siaran tv banyak.