Selasa, 10 Januari 2012

21 Embrio Menunggu Ku Di Penang

Salam kenal teman2 di bayi-tabung.com…
Saya Lina berusia 26thn, dan suami 28thn.. saya ingin berbagi sedikit tentang pengalaman bayi tabung saya…saya mengikuti program bayi tabung di penang dengan dokter NG Peng Hwa di RS Lam Wah EE…saya sudah menikah 5thn, dan belum pernah hamil.
Mulai suntikan superfact 40 tgl 16nov dan terus dilanjutkan sampai tgl 2 des, saya mendapat penambahan suntikan puregon 125. sampai tgl 7 des saat ketemu dokter,dan dokter melihat perkembangan sel telur saya yg bnyk sekali, maka dokter mengurangi dosis suntikan puregon menjadi 100….
Tgl 18 des OPU dan didapat 50 sel telur yg besar2.dan ternyata setelah pengambilan sel telur, perut saya semakin membesar dan merasa sakit dibwh perut juga sesak napas, dokter memutuskan untuk melakukan rawat inap dirumah sakit, 4 hari pertama dirumah sakit adalah saat paling menderita, tidak bisa napas,jd harus dibantu oksigen, tidak bisa makan…bener2 saat kritis…sampai akhirnya dokter mengambil tindakan u/ membolongi perut (sy gak tau istilah medisny) kiri bawah saya…saat dibolongi, cairan hangat lngs keluar dr perut, dan seketika itu juga napas saya menjadi agak lega…selama 3-4 hari perut saya dalam keadaan bolong, dan disambung selang, setiap pagi dan sore cairan dikeluarkan dr perut,total ada sekitar 10 liter cairan dalam waktu 3-4hari.. dan OHSS semakin membaik setelah 6hari mendapat perawatan,dengan bantuan albumin. Dan dokter memutuskan u/ tidak memasukan kembali embrio krn mengigat keadaan saya yg tidak memungkinkan..
Namun di sela2 OHSS yg sangat menyiksa ada kabar gembira yg dapat saya terima, saya mendapat 21 embrio yg siap tanam dan saat ini dibekukan…walau agak sedih krn tidak dpt mengikuti proses penanaman langsung, tetapi agak tenang karena mendapat bnyk sekali frozen embrio….
Saat ini saya sudah kembali ke Jakarta..menunggu 2-3x siklus mens,dan siap2 u/ penanaman embrio…sekaligus mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan makan2an sehat, dan hidup sehat, agar saya lebih sehat u/penanaman embrio kelak..
Tips saya u/ penderita OHSS(yg kata ny hanya 1% yg kena u/ program ivy) jgn minum air putih sama sekali, minum lah jus buah, susu, soya, pkkny segala sesuatu yg membantu protein masuk ke tubuh usahakan makan ikan dan telur…krn kata dokter NG, hrs makan makanan berprotein agar dpt membantu membawa air yg ada di perut ke dalam tubuh..
untuk teman2 semua jgn pernah menyerah dan jgn pernah takut u/ melakukan program bayi tabung… tetap semangat dan optimis..karena semua akan indah pada waktu nya… Because God is Good all the time…

1 ulasan:

  1. penginapannya di sebelah mana bu Ida? dari RS Lam Wah Ee kalau jalan kaki berapa menit?

    BalasPadam